Soal Roda Dan Ban Kelas 3 SMK TA 2016/2017

I. Pilihlah jawaban a, b, c, d, atau d!
1.    Berikut ini fungsi dari roda yang benar, kecuali........
A.    Menopang berat motor dan pengendara
B.    Menyalurkan daya dorong
C.    Pengereman
D.    Daya stir pada jalan
E.    Gaya tekan  pada jalan

2.    Sifat roda yang dibutuhkan pada sepeda motor yaitu......
A.    Kuat, Kaku, Ringan
B.    Kuat, Lentur, Ringan
C.    Kuat, Lentur , Berat
D.    Elastis, Kaku, Ringan
E.    Elastis, Lentur, Berat

3.    Ada 3 bagian roda pada sepeda motor, yaitu ......
A.    Hub roda, gear roda, dan pelek roda
B.    Jari-jari roda, pelek roda, dan ban
C.    Hub roda, pelek roda, dan ban
D.    Hub roda, ban dalam, ban luar
E.    Hub roda, ban dalam, dan pelek roda

4.    Hub dan pelek roda pada sepeda motor dihubungkan oleh......
A.    Jari-jari
B.    Poros
C.    Rantai
D.    Bodi
E.    Plat tambahan

5.    Design roda/pelek tergantung dari tipe......
A.    Struktur, material dan biaya produksi
B.    Pesanan, material dan biaya
C.    Struktur, material dan trend
D.    Struktur, material dan metode pembuatan
E.    Struktur, material dan bahan pembuatan


 Untuk soal no 6-8 perhatikan gambar di bawah ini!

6.    Komponen no 1 pada gambar diatas yaitu......
A.    Pelek
B.    Jari-jari
C.    Tromol
D.    Roda
E.    Ban

7.    Komponen no 2 pada gambar diatas yaitu......
A.    Pelek
B.    Jari-jari
C.    Tromol
D.    Roda
E.    Ban

8.    Komponen no 3 pada gambar diatas yaitu......
A.    Pelek
B.    Jari-jari
C.    Tromol
D.    Roda
E.    Ban

9.    Tipe roda yang paling sering digunakan pada sepeda motor saat ini adalah.....
A.    Tipe roda jari-jari
B.    Tipe roda dari composit
C.    Tipe roda dari paduan tuang
D.    Roda tipe khusus
E.    Tipe roda dari paduan alumunium

10.    Yang terjadi antara ban dan permukaan jalan di saat sepeda motor berjalan dan berhenti adalah......
A.    Ban menjadi aus
B.    Kecepatan sepeda motor seimbang
C.    Gerak sepeda motor bisa leluasa
D.    Tumbukan
E.    Gesekan

11.    Ban bagian luar terbuat dari bahan.......karena bersentuhan langsung dengan tanah/aspal.
A.    Karet yang lembut
B.    Busa yang keras
C.    Karet yang kasar
D.    Karet yang keras
E.    Fiberglass

12.    Bagian luar ban disebut......
A.    Breaker
B.    Carcas
C.    Tread
D.    Layer
E.    Hub

13.    Lapisan bagian dalam ban disebut......
A.    Breaker
B.    Carcas
C.    Tread
D.    Layer
E.    Jawaban A,B,C benar

14.    Pada dasarnya, ban yang digunakan secara spesifik...........antara ban depan dan ban belakang
A.    Tidak sama
B.    Sama
C.    Hampir sama
D.    Tidak berbeda
E.    Berhubungan

15.    Memiliki ciri-ciri kuar, lebih stabil, tetapi harganya relatif lebih mahal. Ini adalah ban jenis....
A.    Radial
B.    Biasa
C.    Tubeless
D.    Cadangan 
E.    Composit

16.    Kode ban memberikan informasi tentang.........dan.......dari ban
A.    Ciri-ciri khusus, kerataan
B.    Kelayakan, kerataan
C.    Ciri-ciri umum, kerataan
D.    Ciri-ciri umum, kelayakan
E.    Kestabilan, keausan

17.    Kode “4PR” pada ban menjelaskan bahwa.......
A.    Jumlah lapisan
B.    Tebal lapisan
C.    Lebar lapisan
D.    Tinggi lapisan
E.    Volume lapisan

18.    Flatness atau kerataan (%) akan dapat dihitung dengan cara......
A.    Tinggi pelek berbanding terbalik dengan lebar ban dikali 100
B.    Lebar ban berbanding terbalik dengan tinggi ban dikali 100
C.    Tinggi ban luar berbanding terbalik dengan lebar ban dalam dikali 100
D.    Tinggi ban dalam berbanding terbalik dengan lebar ban luar dikali 100
E.    Tinggi ban berbanding terbalik dengan lebar ban dikali 100

19.    Pelaksanaan servis pada ban sepeda motor dapat dilaksanakan dengan melihat.....
A.    Usia ban
B.    Jarak tempuh dan waktu
C.    Jarak tempuh dan usia ban
D.    Jarak tempuh dan ukuran ban
E.    Usia dan waktu

20.    Jadwal perawatan berkala pada sepeda motor dilakukan tindakan setelah dicapai jarak tempuh.......
A.    Periksa setelah 1000 km dan selanjutnya setelah 3000 km
B.    Periksa setelah 1500 km dan selanjutnya setelah 3000 km
C.    Periksa setelah 2000 km dan selanjutnya setelah 3000 km
D.    Periksa setelah 1000 km dan selanjutnya setelah 2000 km
E.    Periksa setelah 1700 km dan selanjutnya setelah 3000 km

21.    Kelebihan pengisian angin pada ban dapat menyebabkan......
A.    Bagian tengah ban akan lebih banyak menerima gesekan
B.    Bagian pinggir ban akan lebih banyak menerima gesekan
C.    Bagian tengah dan pinggir ban akan lebih banyak menerima gesekan
D.    Keausan akan lebih lambat terjadi 
E.    Kestabilan kendaraan tidak terjamin

22.    Semakin besar beban yang diterima pada sepeda motor mengakibatkan........
A.    Kecepatan ban meningkat
B.    Suhu ban menjadi turun
C.    Suhu ban menjadi meningkat
D.    Ban cepat aus
E.    Semakin berat ban berputar

23.    Kekurangan pengisian angin pada ban dapat menyebabkan......
A.    Bagian tengah ban akan lebih banyak menerima gesekan
B.    Bagian pinggir ban akan lebih banyak menerima gesekan
C.    Bagian tengah dan pinggir ban akan lebih banyak menerima gesekan
D.    Keausan akan lebih lambat terjadi 
E.    Kestabilan kendaraan tidak terjamin

24.    Berikut ini beberapa penyebab ban cepat aus, kecuali.......
A.    Kekurangan pengisian angin 
B.    Kelebihan pengisian angin 
C.    Temperatur meningkat 
D.    Permukaan jalan yang tidak rata
E.    Gaya gesek permukaan yang kuat

25.    Rolling resistance/ban yang kempes menjadikan mobil melaju.....
A.    Lebih berat
B.    Lebih ringan
C.    Lebih cepat
D.    Tidak seimbang
E.    Berat sebelah

26.    Penggantian ban luar biasanya berdampak pula pada penggantian.....
A.    Rantai
B.    Pelek
C.    Tekanan angin
D.    Ban dalam
E.    Gear

27.    Kelebihan ban tubeless dibandingkan ban biasa adalah.....
A.    Memiliki ban dalam dan bersifat statis
B.    Tanpa ban dalam dan bersifat elastis
C.    Tidak memerlukan banyak tekanan angin
D.    Tidak akan pernah bocor
E.    Tidak akan aus

28.    Tipe pada roda ini dibuat dengan menyatukan rim dan hub/jari-jari dengan menggunakan baut dan mur. Tipe roda ini yaitu.......
A.    Tipe roda jari-jari
B.    Tipe roda dari composit
C.    Tipe roda dari paduan tuang
D.    Roda tipe khusus
E.    Tipe roda dari paduan alumunium

29.    Alat pengukur tekanan angin pada ban yaitu.....
A.    Dial gauge
B.    Micrometer
C.    Tyre gauge
D.    Compresion tester
E.    Feeler gauge

30.    Sewaktu-waktu ban dalam pada roda bisa bocor atau meletus yang disebabkan.....
A.    Kualitas dan panas ban yang tinggi
B.    Suhu ban
C.    Tekanan ban yang seimbang
D.    Kecepatan kendaraan yang terlalu tinggi
E.    Kuantitas ban dan suhu

II.    ESSAY!
31.    Sebutkan tiga bagian roda pada sepeda motor?
32.    Jelaskan arti dari kode spesifikasi  170/60.R – 18 –73H ?
33.    Jelaskan fungsi roda terhadap kendaraan?
34.    Sebutkan ciri-ciri umum dari ban?
35.    Jelaskan arti dari kode spesifikasi 2.75 – 18- 4PR/42 P ?